Friday, March 20, 2009

istilah pemilu yang bernama "contreng"

contreng, jadi kata2 yang sering kita dengar belakangan ini. dalam rangka menyambut pemilu kita diingatkan untuk mencontreng pilihan kita saat pemilihan nanti. dulu kita memilih dengan cara mencoblos, sekarang dengan cara mencontreng, yang maksudnya memberi tanda menyerupai huruf 'V'.

aku kok merasa terganggu ya sama istilah "contreng" ini. aneh dan rasanya ga enak di dengar. kuping rasanya gatel.

karna penasaran (dan kurang kerjaan), aku buka kamus bahasa indonesia. hasilnya.... aku ga nemu kata "contreng"! yang ada "conteng", yang berarti calit, coreng, coret, palit.

masih penasaran.. kenapa kata "contreng" yang dipilih. kenapa bukan "cawang" atau "centang" yang aku rasa lebih familiar di telinga daripada "contreng". aku merasa istilahnya kurang meng-indonesia, terdengar seperti bahasa yang kedaerahan (apa coba meng-indonesia?? hehehe...)

ga tau lah... siapa sih yang bikin istilah contreng? bikin orang kepikiran aja...
 

No comments: